Iklan
Assalamu'alaikum Wr. Wb | Rasanya sudah lama sekali saya tidak posting di blog ini. Mungkin malam ini adalah saat yg tepat untuk memulai postingan baru di bulan suci Ramadhan ini ;)Oke langsung saja ke topik pembahan kali ini yaitu Capasitor Bank, sebelum membuat alat ini kita harus tahu dulu untuk apa sih alat ini di buat ???
Fungsi Capasitor Bank Pada Sepeda Motor/ Mobil:
- Penstabil tegangan aki dan kelistrikan motor
- Membuat awet aki
- Kendaraan cenderung untuk hemat BBM
- Komponen kelistrikan lebih bekerja maksimal
- Dapat membantu kerja aki/accu jika pada sepeda motor sudah banyak terpasang berbagai macam variasi apalagi motor touring
Skema Rangkaian Capasitor Bank :
- Skema Capasitor Bank Sederhana
- Skema Capasitor Bank Yg Saya Aplikasikan Pada Beat FI
Sedikit Modifikasi Agar Rangkaian Hanya Bekerja Pada Saat Kunci Kontak ON
Rangkaian ini bekerja sebagai peredam noise voltage, dimana setiap besaran kelompok capacitor meredam noise yang berbeda-beda. Itu sebabnya digunakan beberapa kelompok capacitor dengan besaran yang berbeda-beda. Semakin kecil nilai Capacitance nya, maka semakin tinggi frequency yang akan diredam dari sistem kelistrikan yang terpasang Capasitor Bank ini.
Beberapa Foto Yg Saya Ambil Ketika Pembuatan Dan Pemasangan Capasitor Bank Pada Beat FI:
Capasitor Yg Akan Digunakan
Setelah Selesai Dirakit

Sebelum Kunti Kontak ON
Setelah Kunci Kontak ON
Beberapa hasil pengujian Capasitor Bank dari http://saft7.com/bikin-voltage-stabilizer-untuk-mobilmotor/
NB: VOLTAGE STABILIZER = CAPASITOR BANK
PENGUJIAN #1:
Pengujian pertama saya gunakan charger handphone . Ada dua jenis charger yang digunakan, Charger dengan Trafo (tebal) dan Charger dengan rangkaian Switching (tipis)
Charger Trafo (tebal) – TANPA VOLTAGE STABILIZER
Charger Trafo (tebal) – DENGAN VOLTAGE STABILIZER
Terlihat grafik menjadi nyaris rata, gelombang kotak menjadi garis lengkung yang lembut, seperti gelombang sinus.
Charger Switching (tipis) – TANPA VOLTAGE STABILIZER
Charger Switching (tipis) – DENGAN VOLTAGE STABILIZER
Hampir sama dengan charger trafo di atas, gelombang gergaji di atas mampu diredam oleh Voltage stabilizer.
PENGUJIAN #2
Pengujian dilakukan pada Sepeda Motor dengan sistem Injection (Yamaha V-ixion – 150cc Injection 09/2011).
Pada prinsipnya ECU memerlukan sumber listrik yang baik.
Yamaha V-ixion Injection – TANPA VOLTAGE STABILIZER
Terlihat duri-duri tegangan pada kelistrikan standar
Yamaha V-ixion Injection – DENGAN VOLTAGE STABILIZER
Terlihat duri-duri tegangan pada kelistrikan standar dapat diredam oleh Voltage Stabilizer
PENGUJIAN #3
Pengujian berikutnya dilakukan pada Mobil (BMW 528i e39 M52 2800cc injection 1997)
BMW 528i Injection – TANPA VOLTAGE STABILIZER
Terlihat duri-duri tegangan pada kelistrikan standar
BMW 528i Injection – DENGAN VOLTAGE STABILIZER
Terlihat duri-duri tegangan pada kelistrikan standar diredam oleh Voltage Stabilizer
KESIMPULAN:
Voltage Stabilizer mampu meredam duri tegangan (spike) yang biasanya ‘noise’ tersebut dihasilkan oleh Alternator maupun sistem pengapian.
Sebenarnya pada setiap ECU (engine control unit) di mesin injection, sudah ada rangkaian Voltage Stabilizer atau peredam Noise tegangan untuk mengamankan sistem ECU itu sendiri, jadi pemasangan Voltage Stabilizer ini tidak banyak pengaruhnya kepada ECU.
Voltage Stabilizer mampu meredam noise tegangan yang mengganggu Sistem Audio, seperti bunyi storing, denging, dsb.
Terimakasih Atas Kunjungannya
Judul: Membuat Sendiri Capasitor Bank Untuk Sepeda Motor/Mobil
Ditulis oleh Virman Nugraha
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Membuat Sendiri Capasitor Bank Untuk Sepeda Motor/Mobil
Semoga artikel Membuat Sendiri Capasitor Bank Untuk Sepeda Motor/Mobil ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Judul: Membuat Sendiri Capasitor Bank Untuk Sepeda Motor/Mobil
Ditulis oleh Virman Nugraha
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Membuat Sendiri Capasitor Bank Untuk Sepeda Motor/Mobil
Semoga artikel Membuat Sendiri Capasitor Bank Untuk Sepeda Motor/Mobil ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Iklan
5 komentar:
beautyfull
Mas kalo capasitor yg 10 nf atw 103 j 63 di ganti kapasitor 10n k 63 ada efek ny ngk mhon info ny
mohon maaf bisa ditambahkan jika tidak langsung kunci kontak (bingung carinya kabel), mungkin pakai saklar. apakah bisa digunakan di vario 110 lama (karbu blm inject)?
untuk pengujian dengan cargher itu maksudnya apakah di berikan/dipasang charger usb di motor ?
Motor saya mio j injeksi..
Saya sdh beli boxnya, elco 10.000uf 50v 2pcs, dan box fuse dengan fusenya 5A..
Saya ada beberapa pertanyaan mohon bantuan masukannya..
1. Apa perlu resistor di kutub + dan berapa ohm dan watt brp untuk 2 elco tsb??
2. Bukannya butuh relay 12v untuk untuk pengamanan jika kontak on baru tersambung ke booster dan sebaliknya jika kontak off booster terputus??
Mohon masukan dan jawaban yg mendetail om. Soalnya saya msh newbie. Thanks..
Motor saya mio j injeksi..
Saya sdh beli boxnya, elco 10.000uf 50v 2pcs, dan box fuse dengan fusenya 5A..
Saya ada beberapa pertanyaan mohon bantuan masukannya..
1. Apa perlu resistor di kutub + dan berapa ohm dan watt brp untuk 2 elco tsb??
2. Bukannya butuh relay 12v untuk untuk pengamanan jika kontak on baru tersambung ke booster dan sebaliknya jika kontak off booster terputus??
Mohon masukan dan jawaban yg mendetail om. Soalnya saya msh newbie. Thanks..
Posting Komentar